Masalah di Lini Pertahanan Manchester City

Manchester City

Manchester City

Mancester City sempat mengalami masa buruk dengan rentetan enam laga tanpa kemenangan. Hasil tersebut merupakan yang terburuk sepanjang karier kepelatihan Pep Guardiola. Sebelumnya, maksimal ia gagal menang beruntun hanya hingga lima pertandingan saja (ketika di Barcelona).

Namun kemenangan atas West Bromwich Albion dengan skor 4-0 pada akhir pekan lalu mengakhiri rentetan hasil negatif tersebut. Bahkan Sergio Aguero yang sebelumnya tak mencetak gol di enam pertandingan, sukses menyarangkan dua gol pada laga tersebut.

City memang seolah kembali menemukan permainan terbaiknya saat menghadapi WBA. Terlepas dari level lawan yang lebih rendah, permainan City secara keseluruhan sangatlah impresif, yang menjadi modal berharga untuk menghadapi Barcelona.

Hanya saja menghadapi Barca, City mengalami masalah di lini pertahanan. Hal ini dikarenakan sejumlah pemain di lini pertahanan dipastikan absen.

Claudio Bravo dipastikan absen karena menerima kartu merah saat menghadapi Barca di Camp Nou. Sementara itu Fabian Delph dan Pablo Zabaleta kemungkinan besar tidak akan tampil karena masih dalam pemulihan. Sedangkan Bacary Sagna dipastikan absen karena cedera hamstring yang dideritanya.

Perlu disoroti, cederanya Zabaleta dan Sagna membuat City tak memiliki pemain yang andal menempati pos bek kanan. Adapun Pablo Maffeo yang biasa bermain di pos bek kanan, masih berusia 19 tahun sehingga cukup riskan diturunkan di laga ini.

Mungkin opsi penggunaan skema tiga bek muncul untuk memaksimalkan skuat yang ada. Hanya saja saat tampil gemilang melawan WBA, City menggunakan skema empat bek. Sementara ketika menggunakan skema tiga bek, City masih belum meraih kemenangan.

Sebenarnya, pada laga melawan WBA pun City sudah tak bisa memainkan kedua full-back kanannya. Pada laga tersebut, secara mengejutkan, Pep memasang Fernano Reges, yang biasanya bermain sebagai gelandang tengah, di full-back kanan.

Share This: